Luka Kecil Bagi Penderita Diabetes Bisa Fatal, Simak Cara Perawatannya Ala dr Suhardi

Luka kecil diabetes harus ditangani dengan fokus
Diabetes Mellitus (DM) merupakan penyakit serius yang di tandai dengan meningkatnya kadar gula di dalam tubuh.

ilustrasi. Foto: Freepik

dr. Suhardi, Sp. BTK (K)VE. (48) adalah seorang dokter yang bekerja di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Zainoel Abidin (ZA) Provinsi Aceh, Banda Aceh.

Suhardi menjelaskan, penyandang DM dapat terjadi komplikasi pada semua tingkat sel. Komplikasi kronik terjadi pada tingkat pembuluh-pembuluh darah kecil sehingga dapat terjadinya diabetic (gangguan mata), nefropati diabetic (gangguan ginjal), neuropati diabetic( gangguan saraf), dan kardiomiopati (gangguan jantung).

Untuk tingkat terjadinya pada pembuluh-pembuluh darah besar, dapat terjadi penyakit seperti: stroke, serangan jantung, peripheral vascular disease).

DM juga memberikan kerentanan yang berlebihan terhadap infeksi akibatnya mudah terjadi infeksi. Umumnya sering terjadi pada kaki.

Masalah pada kaki diabetic seperti luka merupakan penyebab umum terjadi yang harus di fasilitasi kesehatan.

Permasalahan ini tidak boleh di anggap sepele, jika kurang perawatan dan tidak serius, bisa mengakibatkan luka yang semakin membesar.

Luka ini di haruskan peduli terhadap luka yang di deritanya seperti mengganti balutan dan mengecek perkembangan luka setiap hari.

Keterbatasannya alat atau pelayanan sering menyebabkan penderita harus mengantri bahkan menunggu lama.

Disisi lain dr. Fauzia Eliza Saraswati mengatakan perawatan luka DM memang memerlukan waktu yang lama. 

"Proses penyembuhan harus mendapat support dari pasien, keluarga pasien dan dokter yang merawat. Harus sabar," kata Fauzia, Jumat (5/8/2022).

Di Aceh tidak semua klinik atau Rumah Sakit kesehatan bisa mengatasi permasalahan luka DM, salah satu klinik atau Rumah Sakit yang menyediakan pengobatan luka yang baik di Aceh terutama di Banda Aceh berposisi di jln. Inspeksi Krueng Aceh No.99 pango.
Rumah Sakit 3S Banda Aceh di tangani oleh dokter yang berkualitas, seperti dr. Suhardi,Sp.BTKV(K)VE, dr. Farhan Danisa,Sp.BTKV, dr. Darma Satria,Sp.BTKV, dr. Fauzia Eliza Saraswati.