Hari Maritim Nasional Jatuh Tanggal Berapa? Bukan 21 Agustus...

Kemenko Marves memperingati bulan ini sebagai bulan literasi maritim
Terjadi disinformasi terkait tanggal jatuhnya hari Maritim. Di sejumlah media online hingga media sosial disebutkan peringatannya dilakukan setiap tanggal 21 Agustus.

Logo Hari Maritim ke 58. Foto: Kemenko Marves

JAKARTA- Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya besaran potensi maritim tanah air setiap tanggal 23 September dijadikan sebagai hari Maritim nasional dan bukanlah jatuh pada tanggal 21 Agustus.

Kementerian Kordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) melalui laman Instagram resmi @kemenkomarves telah menjelaskan melalui Surat Keputusan Nomor 249 Tahun 1963 tentang Hari Maritim bukan tanggal 21 Agustus melainkan tanggal 24 September.

Dikutip juga dari situs resmi Kementerian Kelautan dan Perikanan RI, Hari Maritim Nasional diperingati setiap tanggal 23 September. Peringatan ini awal dari diresmikannya Angkatan Laut oleh Presiden Soekarno, selanjutnya penetapan Deklarasi Djuanda. Ini rinciannya:

- Tahun 1953: Presiden Soekarno meresmikan Angkatan Laut Indonesia

- Tahun 1957: Presiden Soekarno umumkan Deklarasi Djuanda dinyatakan kepada seluruh dunia bahwa laut Indonesia mengcover laut sekitar, diantara, dan di seluruh Kepulauan Indonesia adalah satu kesatuan wilayah republik Indonesia.

- Tahun 1964: Musyawarah Nasional (Munas) Maritim Pertama, Presiden Soekarno mengesahkan SK Nomor 249/1964 serta menetapkan tanggal 23 September sebagai Hari Maritim Nasional.

Melalui deklarasi Juanda dinyatakan latar belakang peringatan hari Maritim Nasional dan beginilah isi deklarasi Djuanda:

1.Indonesia dinyatakan sebagai negara kepulauan bercorak sendiri

2. Negara Indonesia adalah kepulauan nusantara satu kesatuan

3. Ketentuan tentang ordonasi 1939 dapat menimbulkan perpecahan.

Sedangkan tujuan Deklarasi Djuanda adalah sbb:

1. Untuk wujudkan bentuk wilayah NKRI yang utuh dan berdaulat

-Penentuan batas-batas wilayah NKRI, sesuai dengan azas negara kepulauan

-Lalu lintas damai pelayaran yang lebih menjamin keamanan dan keselamatan NKRI.

Dengan demikian kita bisa mengerti tujuan hari Maritim Nasional dan kapan tanggal peringatannya.

Akan tetapi, Kemenko Marves menggelar bulan literasi maritim dari tanggal 22 Agustus hingga 22 September 2022. Banyak kegiatan yang dihelat.

Mulai dari kick off Kegiatan Penanaman Mangrove dengan Dukungan TJSL serta Kuliah Umum Menko Marves dan Talkshow Visi Maritim 2045 pada 19 Agustus 2024 hingga launching Buku Konsep Maritim 2045 pada 22 September 2022.


Beberapa organisasi dan kelompok masyarakat masih merayakan Hari Maritim Nasional di tanggal 21 Agustus. Karena di tanggal itu terjadi peristiwa 21 Agustus 1945, dimana Angkata laut Indonesia berhasil mengalahkan militer laut Jepang. Empat hari setelah proklamasi kemerdekaan RI dibunyikan. Angkata laut Indonesia berhasil merebut kekuasaan laut dari Jepang.