Harga Tiket Masuk Pulau Komodo Naik Drastis, 5 Ribu Wisatawan Batalkan Kunjungan

Harga tiket masuk ke pulau Komodo naik sekitar 20 kali lipat
Kenaikan harga tiket masuk kawasan pulau Komodo secara signifikan menimbulkan polemik di berbagai kalangan. Kunjunganpun drop hingga 5000 wisatawan membatalkan destinasi liburannya.

Ilustrasi Pulau Komodo. FOTO: Facebook

JAKARTA - Masyarakat pariwisata Bajo meminta pemerintah menimbang  kembali keputusan kenaikan harga baru tiket masuk ke pulau Komodo dan pulau Padar sebesar Rp3,75 juta per orang berlaku setahun penuh.

Bandingkan dengan harga masuk sebelumnya hanya sebesar Rp150.000/kunjungan ke taman nasional Komodo

Kementerian Pariwisata pada akhirnya kemudian menunda pelaksanaan penerapan harga hingga 1 Januari 2023.

Bagi beberapa stake holder pariwisata kepulauan Bajo menilai penundaan waktu penerapan ini tidak akan menjadikan kunjungan wisata kembali normal nantinya.

" Kami mau berdiskusi bersama, para pelaku wisata di wilayah Kepulauan Bajo mau bila diajak bicara, kami mengajak kemenpar melihat kondisi semua negara yang masih terdampak akibat pandemi," kata Erwin, Pemilik Kapal Wisata Komodo, melalui percakapan whatsapp dengan Times.id, Selasa (16/8).

"Kami menilai sekarang belum waktunya tiket masuk ke Pulau Komodo dinaikkan sedemikian rupa, mungkin solusinya adalah kenaikan harga secara bertahap," ujarnya.

Dengan turunnya kunjungan wisata ke destinasi unik ini diperkirakan akan berdampak pada ekonomi masyarakat yang akan semakin sulit walau pandemi telah hampir berlalu.