Dubes Ukraina Ditegur Kemlu gegara Singgung Indonesia yang Kecam Israel di Twitter

Kemlu panggil Dubes Ukraina terkait cuitannya di twitter
Duta Besar Ukraina untuk Indonesia Vasyl Hamianin dipanggil oleh Kementrrian Luar Negeri (Kemlu) Indonesia terkait cuitannya di twitter yang dianggap menyinggung Indnesia.

Duta Besar Ukraina Vasyl Hamianin. Foto: tangkap layar twitter @vhamianin.

Dubes Hamianin membalas cuitan Kemlu RI di twitter mengenai kecaman atas serangan Israel di Gaza yang banyak menyebabkan korban warga sipil dan anak-anak.

Pemanggilan itu dilakukan melalui Direktur Jenderal Amerika dan Eropa Kemlu Ngurah Swajaya, (9/8/2022).

Pemanggilan yang dilakukan guna menyampaikan displeasure atau ketidak senangan pemerintah atas Humianin yang mempertanyakan kebijakan Luar Negeri Indonesia.

Lewat akun twitter @VHamianin, Hamianin mempertanyakan mengapa Indonesia tidak ikut mengecam keras serangan brutal terhadap Ukraina selama lima bulan terakhir yang mengakibatkan kematian ribuan anak.

Kemlu Indonesia menyatakan tidak senang atas sikap Dubes Ukaina yang berada di Indonesia.

"Apa yang dilakukan Dubes Ukraina tersebut sangat tidak patut sebagai seorang duta besar yang menjalankan misi diplomatik di suatu negara," sebut Juru Bicara Kemlu Indonesia Teuku Faizasyah, (11/8/2022).

Faizasyah menegaskan, seorang Dubes yang merupakan tamu di negara tugas nya harus mematuhi berbagai aturan, ketentuan, dan adab di negara ia bertugas.

Indonesia meminta agar Dubes Hamianin dapat memperbaiki sikap, dalam menggunakan media, guna memperjuangkan kepentingan negaranya di Indonesia agar tidak menimbulkan ketegangan dari pihak indonesia.