Catat! 6 Manfaat Madu, Bahkan Bisa Menjaga Kesehatan Jantung

Madu adalah cairan manis yang paling baik
Madu merupakan cairan manis yang diproduksi oleh lebah, madu dapat meningkatkan kekebalan bagi tubuh manusia.
Ilustrasi madu. Foto: freepik.

TIMES.ID- Manfaat madu memang sudah tidak diragukan lagi bagi kesehatan, madu mampu memberi dampak baik dan memiliki beragam kandungan nutrisi didalamnya.

Didalam cairan madu memgandung beragam senyawa dan vitamin yaitu, vitamin A (retinol), B kompleks, vitamin C, dan senyawa aktif flavonoid dan asam fenolik.

Madu bisa dijadikan sebagai alternatif untuk pemanis minuman atau makanan yang lebih sehat. Pemanis dari madu bisa menjaga kadar gula dalam tubuh tidak berlebihan terutama bagi penederita diabetes.

Berikut 6 mangaat madu bagi kesehatan.

1. Menolak Radikal Bebas
Diketahui, senyawa fitonutrien dan vitamin yang terdapat dalam cairan madu dapat melawan radikal benas dalam tubuh manusia.

aktivitas oksidasi dalam tubuh dapat merusak sel dan jaringan tubuh, sehingga di perlukan senyawa dan vitamin yang terkandung dalam madu.

2. Meningkatkan imunisasi tubuh
Selanjutnya, senyawa fitonutrien yang terdapat di dalam madu, bisa meningkatkan kekebalan tubuh atau memeperkuat sel-sel imun dalam tubuh.


Sepain memperkuat kekebalan tubuh, madu juga sebagai anti jamir dan anti bakteri.


3. Meredakan batuk
Madu memilki rasa manis yang khas, ketika di cicip, pasti berbeda rasanya dengan pemanis lain. Rasa manis yang di hasilkan madu dapat meningkatkan produksi air liur dalam mulut, sehingga bisa melembabkan tenggorokan yang kering.

Tenggorokan yang lebab dapat mengurangi rasa gatal dan keinginan untuk batuk. Selainbisa melembabkan temggorokan, antioksidan pada madu juga bisa meleburkan peradangan yang bisa memicu batuk.

4. Mempercepat menyembuhkan luka
Sudah banyak penelitian mengatakan, bahwa madu bisa menyembuhkan luka, lantaran madu dapat membantu menyingkirkan yang mati, membunuh bakteri pada luka, hingga merangsang sel kulit batu untuk menutupi luka.

5. Menjaga pencernaan
Madu juga disebut memilki prebiotik yang dapat mendukung pertumbuhan bakteri baik dalam usus. Sehingga sangat membantu sistem kesehatan pencernaan.

6. Menjaga kesehatan jantung
Senyawa fitonutrien diduga dapat melancarkan aliran darah dan mencegah terbentuknya aterosklerosis. Hal tersebut bisa meningkatkan kesehatan jantung manusia. Selain itu, madu juga dapat mengurangi kadar kolesterol jahat, lemak, dan menurunkan telanan darah.