3 Pertanyaan Sulit Saat Sidang Skripsi Yang Sering Muncul, Dan Cara menjawabnya

Seputar kuliah dan pendidikan
Buat kalian para pejuang toga yang sedang berjuang untuk menyelesaikan skripsi dan sidang kalian. Berikut kami paparkan 3 pertanyaan sulit saat sidang skripsi yang sering muncul, dan cara menjawabnya, simaklah.
 
Graduation. Foto: Pixabay/@MauraLBU.

1. Kenapa kamu memilih judul skripsi ini? Dan apa urgensi nya?

Jawab:

“Alasan saya untuk mengambil judul skripsi ini karena terdapat beberapa permasalahan yang belum terselesaikan dalam penelitian ini. (kemudiaan kamu kemukakan point penyelesaian skripsi yang telah kamu lakukan).”

Lalu untuk urgensi nya adalah:
“Adapun urgensitas dari penelitian yang telah saya buat ini adalah sebuah bentuk kebutuhan dalam menyelesaikan permasalahan yang telah saya kaji dari beberapa fenomena yang ada, yakni permasalahan X (permaslahan yang ada dalam skripsimu), permasalah Y (permaslahan yang ada dalam skripsimu) dan permasalahan Z (permaslahan yang ada dalam skripsimu). Berdasarkan permasalahan tersebutlah maka saya rasa penelitian ini penting untuk digunakan.”

2. Apa yang membedakan dari penelitian mu dengan penelitian yang terdahulu.?

Jawab:

“Penelitian saya merupakan penelitian dengan fenomena dan informasi yang terbaru, yang mengembangkan hasil dari penelitian yang sebelumnya. Selain itu, penelitian saya jga bertujian untuk memberikan penguatan terhadap kelemahan atau kelebihan dari penelitian sebelumnya.”

3. Kenapa kamu menggunakan metode penelitian ini?

Jawab:

"Karena metode penelitian ini yang saya pilih sesuai dengan desain penelitian yang bertujuan untuk ... (Tujuan skripsi kamu) sebelumnya, metode penelitian ini adalah merupakan metode penelitian yang sesuai."

Dan jangan pernah lupa untuk kamu memahami lebih dalam tentang skripsi kamu agar kamu menjadi semakn yakin dan percaya diri saat sidang nanti.

Usahakan menjawab dengan yakin dan se-efektif mungkin, karena jika kamu berlebihan dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan sidang bukan tidak mungkin dosen penguji mu akan memberikan pertanyaan-pertanyan jebakan dari berlebihan nya jawaban yang kamu berikan, juga sebaliknya jangan menjawab terlalu singkat. Usahakan untuk menjawab dengan simple, relevan dan efektif. Dan yang ga kalah penting adalah untuk selalu berdoa. Demikianlah artikel mengenai 3 pertanyaan sulit saat sidang skripsi yang sering muncul, dan cara menjawabnya. Semoga bermanfaat dan tetap semangat.