Jadikan Jalan Sebagai Catwalk, Citayam Fashion Week Disorot Media Asing

Aksi sekelompok remaja asal Citayam dan Bojonggede yang tampil modis di pusat jalanan Jakarta viral. Bahkan, kegiatan mereka mengundang perhatian media asing.

Model Citayam Fashion Week yang menjadikan zebra cross di dalam satu jalanan pusat Jakarta sebagai catwalk. Foto: Twitter @sofiaflorina

JAKARTA - Salah satunya media asal Jepang, Tokyo Fashion. Tabloid busana yang berbasis di Harajuku dan Shibuya inu mengaku kagum dengan kegiatan yang diberi nama Citayam Fashion Week ini.

Tak disangka, pertunjukan fashion berbiaya murah ini ternyata memberi pengaruh yang cukup besar di dunia mode. Tabloid negeri Sakura ini pun membandingkan ABG Citayam dan Bojonggede ini dengan ABG di negaranya.

"Utas keren karena berhasil menangkap potret remaja Indonesia berpakaian dengan anggun hingga membuat jalanan Jakarta Pusat bak sebuah catwalk ajang busana, tidak seperti ABG Harajuku di Jepang ini. Semoga akun-akun fotografi Indonesia tetap menangkap potret gaya busana remaja tersebut dan membuat fenomena ini tetap hidup!," tulis cuitan akun Tokyo Fashion di Twitter, yang dilihat Jumat 14 Juli 2022.

Cuitan tabloid fashion Jepang itu merespon postingan @sofiaflorina. Hitungannya ada ratusan anak muda terlibay dalam ajang fashion show unik ini.

"Setidaknya ada ratusan bahkan ribuan anak muda yang memadati kawasan Jakarta Pusat, mulai dari kawasan Sudirman, Gatot Subroto, dan sekitarnya untuk menggelar "show" dengan selera fashionnya masing-masing," tulisnya.

Hingga berita ini ditulis, cuitannya sudah disukai 21,4 ribu kali. Kemudian 93 komentar dan 6.162 retweet.

Akun @vdvc_talk mencoba memberikan definisi dari Citayam Fashion Week ini.

"Citayam Fashion Week adalah sebutan untuk sekumpulan remaja dari wilayah Depok, Bogor, Citayam dan wilayah lainnya yang berkumpul di Dukuh Atas serta perkantoran Jakarta Pusat. Mereka berpenampilan yang cukup menarik hingga bergaya seperti di atas catwalk," tulisnya di Twitter.***