Usulan Penundaan Pemilu, Cak Imin: Untuk Menolong Ma'ruf Amin dan Rakyat

Isu yang terus diperbincangkan akhir-akhir ini adalah, terkait penundaan Pemilu 2024 mendatang. Salah satu tokoh yang mengusulkan itu adalah Cak Imin, dengan alasan ingin menolong Wapres KH.Ma'ruf Amin.


Ketua Umum PKB (Muhaimin Iskandar). Foto: IST

JAKARTA -
Mengenai statement kontroversi dikalangan masyarakat, Muhaimin Iskandar (Cak Imin) yang tak lain adalah Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menjelaskan, hal itu ia lakukan dalam rangka menolong Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin.

Selain menolong Ma'ruf Amin, ia juga menyebutkan dalam rangka menolong rakyat. Kalimat itu ia ucapkan dalam acara puncak Peringatan Hari Lahir Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) ke 62 Tahun.

“Saya itu kan usul Pemilu 2024 ditunda, dalam rangka menolong Kiai Ma’ruf, dalam rangka menolong rakyat,” tuturnya.

Lanjutnya, Cak Imin juga menjabarkan terkait maksud dan tujuan penyataannya penundaan Pemilu 2024.

"Kenapa menolong Kiai Ma’ruf? Supaya nanti kalau di akhirat ditanya kurang ini kurang itu. Mesti alasannya ya karena 2 tahun pandemi nggak bisa ngapa-ngapain,” terangnya.

Tak sampai disitu, Cak Imin juga menjelaskan soal penundaan Pemilu 2024 dapat menolong rakyat.

"Untuk (menolong) rakyat juga ngomongnya begini, oh kurang ini kurang itu, pemerintah kurang ini kurang itu, itu kan ada pandemi dua tahun. Dua tahun nggak ngapa-ngapain toh, saya pertemuan aja susah kan?," ungkap Cak Imin.

Cak Imin juga mengeluh anggaran di DPR habis untuk mengurusin pandemi, sedangkan IKN belum tergarap sama sekali akibat 2 tahun diterjang pandemi," sambungnya.

Lanjutnya, Cak Imin juga menyampaikan terkait usulan penundaan Pemilu 2024 yang disampaikan olehnya adalah hal yang wajar di negara demokrasi.

“Namanya aja usul masa nggak boleh, emang negara demokrasi nggak boleh usul?,” tuturnya.

Sebaliknya, ia juga menilai bahwa penolakan terhadap usulan penundaan 
Pemilu 2024 juga hal yang wajar di dalam negara demokrasi.

"Ya wajar kalau ada usulan itu, ya kalau ditolak nggak apa-apa namanya juga usulan," cetusnya lewat kanal YouTube PMIIOFFICIAL.