Ketua DPRK Abdya Bolehkan Pelantikan Keuchik Asalkan Sengketa Pilchiksung Selesai

Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Aceh Barat Daya (Abdya) menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) ke III terkait sengketa Pemilihan Keuchik secara Langsung (Pilchiksung) di 152 desa negeri sigupai itu.

Ketua DPRK Abdya Nurdianto saat memimpin Rapat Dengar Pendapat (RDP) ke III terkait sengketa Pemilihan Keuchik secara Langsung (Pilchiksung) di 152 desa. FOTO:MUHARRYADI

BLANG PIDIE Rapat Dengar Pendapat yang berlangsung di Gedung Aula DPRK Abdya dengan melibatkan pihak eksekutif dalam hal ini Pemkab Abdya, Senin (25/4).

Ketua DPRK Abdya Nurdianto menyebutkan tujuh gampong yang mengalami sengketa Pilciksung itu hingga saat ini belum mencapai titik penyelesaian.

"Hingga kini masih menyisakan sengketa di tujuh gampong yang masih belum ditemukan titik penyelesaiannya". Tuturnya

Ketua DPRK Abdya Nurdianto mengungkapkan bahwa, sudah berulangkali pihaknya mengadakan RDP dengan Pemerintah Abdya. Akan tetapi sudah beberapa rekomendasi dari DPRK kepada pemerintah Kabupaten Abdya tidak diindahkan.

“Ada tujuh Gampong yang terjadi sengketa dalam Pilchiksung, namun hingga saat ini masih belum ada titik penyelesaian," kata Nurdianto.

Politisi Partai Demokrat ini pun meminta kepada Pemkab Abdya untuk segera menyelesaikan permasalahan tersebut.

“Saya harapkan agar sengketa Pilchiksung di Abdya ini segera diselesaikan. Setelah itu baru diatur kembali jadwal pelantikannya,” ujar Nurdianto

Dalam kesempatan yang sama, Sekretaris Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA) Abdya, Hamdani menyampaikan, sebelum dilaksanakannya Pilchiksung, pihaknya telah menyediakan Posko Pengaduan. Hal tersebut bertujuan untuk mencari solusi jika ada terjadi sengketa dalam Pilchiksung.

“Kami sudah mendirikan posko pengaduan jauh sebelum proses pemilihan Pilchiksung Abdya,” tuturnya.

Ia menambahkan, sebanyak tujuh perkara Pilchiksung telah diterima oleh YARA Abdya, yaitu Gampong Blang Dalam Susoh, Gampong Meudang Ara Blangpidie, Ladang Tuha I dan Tokoh II Lembah Sabil, Pante Cermin Manggeng, Gelanggang Gajah Kuala Batee, serta Gampong Rukun Dame di Kecamatan Babahrot.

Kegiatan yang berlangsung di Aula Gedung DPRK Abdya itu dipimpin langsung oleh Ketua Nurdianto, dihadiri segenap anggota DPRK Abdya, Jasniwar, S. Sos perwakilan Pemerintah Aceh, Asisten Pemerintahan Abdya Amrizal, S. Sos dan Kabag Pemerintahan Reza Kamarullah, Kapolres Abdya AKBP, Muhammad Nasution, SIK, perwakilan Dandim 0110/Abdya Danunit Intel Letda Inf Bakhtiar, perwakilan Kajari Abdya, SKPK, YARA, YLBH, LSM KOMPAK, para Camat, Imum Mukim, serta tamu undangan lainnya.