MoU Helsinki Sebulan Lagi Berusia 17 Tahun, JASA Abdya Tagih Janji Pemerintah

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Jaringan Aneuk Syuhada (DPW JASA) Aceh Barat Daya Ibrahim bin Abdul Jalil meminta pemerintah segera merealisasikan seluruh butir-butir nota perjanjian damai atau MoU Helsinki. Sebab, sekitar sebulan lagi, janji tersebut genap berusia 17 tahun.

Hamid Awaluddin dan Malik Mahmud berjabat tangan setelah menandatangani MoU Helsinki yang dimediasi mantan Presiden Finlandia, Martti Ahtisaari. FOTO: WIKIPEDIA

BLANG PIDIE - Ketua JASA Abdya ini mengingatkan bahwa MoU Helsinki yang diteken oleh pihak Gerakan Aceh Merdeka (GAM) dan Pemerintah Indonesia 15 Agustus 2005 lalu itu adalah amanah perdamaian yang harus ditunaikan.

Khususnya di Aceh Barat Daya. Agar butir-butir MoU Helsinki yang juga termaktub dalam Undang-Undang Pemerintah Aceh (UUPA) bisa diterjemahkan ke dalam peraturan daerah atau qanun. 

"Kami mengajak segenap KPA dan MUNA Abdya bersinergi mendorong pemerintah kabupaten Abdya untuk merealisasikan butir-butir MoU Helsinki ke dalam draft qanun," kata Ibrahim dalam keterangannya di Blang Pidie, Kamis (14/3/2022).

Menurutnya, seluruh komponen masyarakat di Aceh harus bersatu mendesak pemerintah Aceh hingga pemerintah pusat untuk merealisasikan apa yang sudah disepakati.

"Karena ini perjanjian sebagai solusi tengah dari konflik Aceh yang telah menelan banyak korban jiwa," lanjutnya.

Ia melanjutkan, saat ini adalah momentum yang tepat untuk mewujudkan apa yang sudah diteken dalam MoU tersebut. Sebab, Wakil Ketua MPR Ahmad Muzani sudah menunjukkan itikad baiknya dengan meneruskan aspirasi rakyat Aceh khususnya mantan kombatan GAM terkait butir-butir MoU Helsinki kepada Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, kemarin (13/3/2022).

Meskipun, Muzani mengaku Mendagri belum memberi keputusan terkait permintaannya tersebut. Sebab, masih dalam pembahasan.

"Dalam proses. Supaya perdamaian itu adalah perdamaian yang abadi. Kira-kira seperti itu," kata Muzani di komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, kemarin.