Integritas Menurut Al-Quran dan Para Ulama

Dalam bahasa Arab, integritas seringkali juga disepadankan dengan kata al-nazahah. Dalam kamus, nazahah berarti jauh dari yang buruk.

ILUSTRASI
 

Tanazzuh berarti perilaku atau perbuatan menjauhi keburukan. Secara istilahi, Imam Al-Jurjani )w. 816 H. Dalam Kitab al-Ta’rifat mendefinisikan nazahah sebagai berikut.


“Nazahah adalah ungkapan untuk menyebut ak- tivitas bekerja mencari harta tanpa kehinaan dan kezaliman kepada pihak lain.”


Hampir mirip dengan definisi Al-Jurjani, Imam Al-Munawi (w. 1031 H.) menambahkan penjelasan terkait makna dan maksud dari kata nazahah.


“Nazahah adalah bekerja mencari harta tanpa kehinaan dan kezaliman, dan menggunakannya untuk kebaikan.”


Dalam kitab lain, Imam Al-Munawi juga mengartikan nazahah dengan pengertian lebih umum, yaitu:


“Nazahah adalah menjauhi keburukan.”


Sampai di sini, kiranya cukup jelas bahwa integritas atau nazahah dalam perspektif ulama Islam adalah bekerja sebaik mungkin sembari terus berupaya menjauhi segala bentuk kehinaan, keburukan dan kezaliman kepada pihak lain. Nazahah atau integritas juga berarti menggunakan hasil kerja untuk tujuan yang baik dan bermanfaat.


Lalu bagaimana dengan penjelasan al-Quran terkait sikap berintegritas? Dalam Surat al-Muddatsir Allah SWT berfirman:


َوِثَياَب َك َفَطِّهْر


“Dan bajumu, sucikanlah.”


Apa makna dan nilai yang bisa kita diambil dari potongan ayat pendek di atas? Imam Ibnu Abdil Barr men- jelaskan bahwa maksud dari menyucikan baju dalam ayat tersebut adalah menyucikan segala yang ada dalam diri kita. Beliau menulis,


ِمْن َأَّنَها َطَهاَرُةاْلَقْلِب، َوَطَهاَرُةاْلَجْيِب، َوَنَزاَهُة الـَّنْف ِس َعِنالَّدَناَياَوالآَثاِمَوالُّذُنْوِب


“Maksud thaharah (suci) adalah suci hati, suci pakaian, dan suci diri dari kehinaan, salah dan dosa.”


Mencuci pakaian adalah cara membersihkan pakaian, menyapu dan mengepel adalah cara membersi- hkan lantai. Lalu bagaimana cara membersihkan hati? Selalu pegang prinsip kebaikan dan kejujuran dan berlatih untuk tidak terjerumus kepada tindakan-tindakan kezaliman, seperti korupsi.


****

Ikuti perkembangan berita lainnya, dengan cara klik akun Instagram TIMES, lalu pencet tombol follow. Semakin banyak yang follow, maka kami akan semakin bersemangat mencari dan menyuguhkan berita lucu, penting, dan menarik untuk anda.

****