Cerita Mahfud Tentang ART Luhut Yang Pensiun Setelah Bekerja 37 Tahun

Menko Polhukam Mahfud Md ternyata juga punya kesan tersendiri dengan asisten rumah tangga (ART) Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan yang belum lama ini izin pensiun setelah 37 tahun bekerja.


Menko Luhut dan keluarga saat melepas ART-nya Mbak Sur. FOTO: INSTAGRAM

JAKARTA  - Hal itu diketahui, saat Mahfud merespons cerita Luhut yang penuh haru melepas ART-nya yang bernama mbak Sur. Sosok yang telah banyak membantu pekerjaan rumahnya sejak masih berpangkat mayor.


Mahfud membenarkan cerita tersebut. Karena ia juga sering berkunjung ke rumah Luhut dan mantan elit Kopasssus itu kerap membanggakan ART-nya itu.


"LBP ini sangat menghormati teman, menyayangi anak miskin yang pandai, menghargai ART-nnya juga. Mbak Sur ini jago masak, saya sering menikmati masakannya di rumah Pak Luhut," cerita Mahfud di akun Twitternya @mohmahfudmd, Senin (11/4).


Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi ini mengaku kerap berkunjung ke kediaman Luhut sejak awal tahun 2000-an. 


"Saya bersama Gus Dur dan Muslim Abdurrahman sering ke rumah Pak LBP, menikmati masakan Mbak Sur," ingatnya.


Menurutnya, masakan MbakSur patut diacungkan jempol. "Yang istimewa adalah pisang dan singkong gorengannya yang lezat dan gurih," aku Mahfud. "Keluarga LBP selalu membanggakan punya ART Mbak Sur yang pintar masak dan sudah ikut LBP puluhan tahun," sambungnya.


Kini Mbak Sur minta izin pensiun dari pekerjaannya sebagai ART Luhut. Cerita tentang Mbak Sur pun diulas Luhut di akun Instagramnya.


"Saya mau berhenti kerja dan istirahat di kampung Bu," tulis Luhut menirukan ucapan Mbak Sur kepada istrinya.


Ia mengaku terharu, karena Mbak Sur telah mengabdi di keluarganya dalam waktu yang sudah cukup lama: 37 tahun. 


"Jika banyak orang mungkin punya hubungan yang tidak awet antara Asisten Rumah Tangga dengan Pemberi Kerja, maka tidak begitu yang terjadi dengan keluarga kami," tutur Luhut.


Menurutnya, Mbak Sur pantas menerima segala hormat dan apresiasi yang lebih dari sekedar materi. Ia bahkan mengumpulkan anak, menantu hingga cucu menggelar farewell party memberikan pelukan terakhir kepada Mbak Sur.


Kepada ART-nya itu, Luhut juga berjanji akan memberangkatkannya haji. "Namun saat ini mbak Sur belum siap. Saya katakan kepada mbak Sur, jika dirinya sudah siap untuk beribadah haji, Mbak Sur boleh menghubungi saya," tulisnya.


"We will miss you," tutup Luhut.