SDIT Muhammadiyah Manggeng Gelar Lomba Tahfidz Qur'an, Ini Para Juaranya...

Lomba Tahfiz Qur'an yang digelar SDIT Muhammadiyah Manggeng Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Sabtu (12/3/2022) mendapat sambutan antusias murid Taman Kanak-kanak (TK). Lomba ini digelar untuk mencari bibit unggul para penghafal Quran sejak dini. 


Salah satu peserta yang tampil di lomba Tahfidz Quran SDIT Muhammadiyah Manggeng, Aceh Barat Daya, Sabtu (12/3). FOTO: IST

MANGGENG - Acara lomba Tahfiz Quran ini berlangsung secara sederhana. Walaupun sederhana, tetapi semangat peserta lomba dan siswa SDIT Muhammadiyah Manggeng sangat luar biasa. 


Kepala Sekolah SDIT Muhammadiyah Manggeng Risa Muliana mengatakan bahwa acara ini dilaksanakan untuk melihat perkembangan anak dalam menghafal Quran sejak dini. Ia berharap agar para  orang tua terus mendorong agar anaknya mau dan senang menghafal Al-quran.


"Saya berharap agar orang tua mendorong anaknya mau dan senang dalam menghafal quran sejak dini, karna inilah bekal para orang tua untuk meraih surga," kata Risa dalam sambutannya, di kompleks SDIT Muhammadiyah, Manggeng, Sabtu (12/3).


Diakhir sambutannya, ia juga meminta agar siswa/siswi SDIT Muhammadiyah Manggeng, terus termotivasi untuk menghafal Al-Quran sampai kapanpun. "Agar kita semua bisa berkumpul disurga-Nya Allah," tambahnya.


Lomba Tahfidz tingkat TK se Manggeng Raya yang meliputi Kecamatan Manggeng dan Lembah Sabil ini diikuti oleh 5 TK dengan 39 peserta. 


Lalu siapa para juaranya?


Juara 1 di menangkan oleh Muhammad fatih Al-Zahid dari TK 1 Atap Harapan Bunda. Juara 2 diraih oleh Syakila Zhafira dari TK Cot Ba'u serta juara 3 dimenangkan oleh Teuku Aqif Alfariski dari TK ABA Desa Kedai Manggeng. 


Selain guru pendamping dari masing-masing sekolah, para orang tua juga ikut serta menghadiri dan menyaksikan anaknya tampil, sehingga acara terasa meriah dan bersemangat. 



Market Day

Selain lomba tahfiz, di hari yang sama SDIT Muhammadiyah Manggeng juga menggelar hari pasar atau market day.


Uniknya, masing-masing murid SDIT Muhammadiyah Manggeng membawa kue yang akan mereka jual sendiri di lokasi lomba. Sehingga kue yang mereka jual, bisa dibeli oleh para peserta dan orang tua peserta lomba. Kehebohan dan kemeriahan sangat terlihat dalam suasana market day tersebut. 


Wakil kepala bidang kesiswaan SDIT Muhammadiyah Nelvialis mengatakan bahwa tujuan diadakan market day adalah untuk melatih jiwa kewirausahaan dan kemandirian para siswa. "Selain itu juga untuk mengasah kecakapan mereka dalam berinteraksi dan berkomunikasi baik sebagai penjual atau sebagai pembeli," tuturnya.


Kontributor: Ustazah Faiza Warahmah