Pesisir Aceh Diguncang Gempa 5.3 Magnitudo

Gempa berkekuatan 5,3 magnitudo menghantam pesisir Aceh pada pukul 18.04 Wib. Menurut laporan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempat yang berpusat di 26 km Barat Daya Meulaboh tidak berpotensi Tsunami.

Titik Gempa. Foto: IST

JAKARTA -Aceh kembali dihantam gempa bumi dengan magnitudo (M) 5,3. Tepatnya di Meulaboh, Aceh Barat. Menurut pantauan Times.id melalui
akun Twitter @infoBMKG, Selasa 1 Maret 2022, gempa tidak berpotensi menimbulkan gelombang tsunami. "Tidak berpotensi tsunami," demikian keterangan BMKG.

Gempa terjadi sekitar pukul 18.04 WIB. Titik gempa berada di koordinat 3,97 Lintang Utara dan 95,96 Bujur Timur. Dengan pusat gempa berada di 26 km arah barat daya Meulaboh pada kedalaman 28 km.

"Hati-hati terhadap gempa bumi susulan yang mungkin terjadi," terang BMKG di situsnya.

Gempa tersebut dirasakan wilayah Meulaboh dalam skala III MMI, yang berarti sebuah getaran yang mungkin dirasakan nyata dalam rumah, seperti lazimnya getaran truk yang melintas dekat rumah. Selain itu, gempa juga dirasakan wilayah Banda Aceh dalam skala II-III MMI, yang berarti ada getaran yang dirasakan beberapa orang, dan juga membuat benda-benda ringan yang tergantung bergoyang pelan-pelan.

Sampai berita ini terbit, belum ada laporan mengenai dampak kerusakan atau korban akibat gempa ini.