Powered by Blogger.

Mobile Menu

Terbaru

logoblog

ILUNI HI UI Terbentuk, Bertho Jadi Ketum, Arif Jadi Ketua Dewan Penasihat

Nov 9, 2021

Alumni Departemen Ilmu Hubungan Internasional FISIP Universitas Indonesia resmi membentuk ikatan alumni dengan nama Ikatan Alumni Departemen Ilmu Hubungan Internasional FISIP UI atau disingkat ILUNI HI UI. 


Musyawarah Umum Alumni Departemen Ilmu Hubungan Internasional yang digelar pada 6 November 2021 lalu. FOTO: IST


JAKARTA - Organisasi dibentuk melalui Musyawarah Umum Alumni Departemen Ilmu Hubungan Internasional yang digelar pada 6 November 2021 lalu.


Ketua Panita Penyelenggara Musyawarah Umum Ardhitya Eduard Yeremia berharap organisasi ini mampu menjadi wadah bagi para anggota untuk berjejaring, berbagi dan mengembangkan diri, serta berkontribusi pada kemajuan almamater, masyarakat, bangsa dan negara. 


"Keberadaan organisasi tersebut juga memungkinkan seluruh penyelenggaraan kegiatan Alumni DHI FISIP UI menjadi lebih akuntabel,” kata nya.


Pada 2021 ini, lanjut Ardhitya, Departemen Ilmu Hubungan Internasional (DHI) genap 36 tahun dan telah menghasilkan tidak kurang 2.000 alumni, baik dari jenjang pendidikan sarjana, maupun pascasarjana, yang berkiprah di berbagai sektor kehidupan serta mengabdikan diri bagi masyarakat, bangsa, dan negara. 


Meski belum ada organisasi resmi, berbagai kegiatan telah diselenggarakan untuk membina rasa kebersamaan dan kekeluargaan di antara sesama alumni DHI. Peran alumni dalam perayaan HUT ke-30 dan ke-35 DHI menjadi saksi mulai terbangunnya rasa kebersamaan dan kekeluargaan tersebut. 


"Hal ini yang kemudian diwujudkan dalam usaha-usaha untuk terus membina hubungan yang baik dengan almamater dan segenap unsur sivitas akademika, baik dalam kapasitas pribadi, maupun kelompok-kelompok angkatan,” lanjut Ardhitya.


Melihat semakin intensifnya interaksi antar alumni DHI lintas angkatan dan lintas jenjang pendidikan selama 10 tahun terakhir, tercetuslah ide untuk membentuk suatu organisasi yang mewadahi kegiatan-kegiatan alumni DHI. Maka, musyawarah umum pun diselenggarakan.


“Musyawarah umum yang digelar secara online itu diikuti perwakilan tiap-tiap angkatan alumni, baik dari program sarjana maupun pascasarjana,” terang alumni S1 HI FISIP UI 2006 yang juga staf pengajar tetap di Departemen Hubungan Internasional FISIP UI tersebut. 


Dalam Musyawarah Umum tersebut, lapornya, terpilih Bertho Darmo Poedjo Asmanto sebagai Ketua Umum Ikatan Alumni HI FISIP UI 2021-2024 dan Arif Mujahidin sebagai Ketua Dewan Penasihat ILUNI HI UI. 


Bertho adalah Alumni HI UI Angkatan 1991 yang berkesempatan melanjutkan pendidikannya di NTU Singapore dan MIT Sloan School of Business, Boston, USA. Ia memiliki karier profesional yang panjang, mulai dari dosen, wartawan, praktisi PR, Manajer hingga level Direksi. Dia pernah sebagai Direktur Properti, Resort, Retail & Tirta di PT Pembangunan Jaya Ancol, Tbk, dan Direktur Umum & Keuangan di PAM Jaya. 


Bertho juga pernah dipercaya sebagai Direktur Umum di Pusat Pengelolaan Komplek Gelora Bung Karno yang mempersiapkan komplek olahraga kebanggaan bangsa itu menyambut Asian Games 2018. Dia berhasil merevitalisasi Human Capital di GBK, menata dan memfungsikan kembali pedestrian sepanjang Jl Asia Afrika dan Jl Gerbang Pemuda Senayan Jakarta yang selama puluhan tahun dikuasai para pedagang tanaman, serta bersama-sama mengubah sistem perparkiran GBK sehingga bebas dari premanisme seperti sekarang ini. 


Kini Bertho adalah salah satu owner, sekaligus Direktur Operasional di PT Enerflow Engineering Indonesia, perusahaan swasta pengelolaan limbah cair dan pemegang hak paten atas Portable Oil Trap, Micro Portable Oil Trap dan Mini Turbo Incenerator penghancur limbah B3.


Sementara Arif Mujahidin yang dipercaya menjadi Ketua Dewan Penasihat ILUNI HI UI adalah Corporate Communications Director Danone Indonesia yang kerap masuk jajaran figur humas papan atas Indonesia. Sebelumnya, Alumni HI UI Angkatan 1985 ini juga pernah bekerja di Coca-Cola Indonesia, serta menjadi wartawan di beberapa media.