Luhut Dipuji IMF, Sukses Tangani Covid-19 & Pulihkan Ekonomi

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut B. Pandjaitan juga bertemu dengan badan moneter dunia atau IMF saat bertandang ke Washington DC, Amerika Serikat pada 17-19 Oktober 2021. Di sana, kinerja Luhut dipuji.


Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut B. Pandjaitan saat menemui Utusan Khusus Presiden AS untuk iklim John Kerry. FOTO: KEMENKOMARVES


WASHINGTON DC - Yang menyampaikan pujian itu adalah Managing Director IMF, Kristalina Georgieva. Pasalnya, Indonesia dinilai sukses besar dalam penanganan pandemi Covid-19 dan pemulihan ekonomi.


Kristalina juga menghimbau agar penguatan UMKM sebagai tulang punggung pemulihan ekonomi terus didorong oleh Pemerintah Indonesia.


"Saya sangat mengapresiasi penanganan Covid-19 oleh Pemerintah Indonesia dan berbagai langkah strategis yang diambil demi memulihkan ekonomi yang ada,” kata Kristalina, dalam pertemuan itu. 


Selain ketemu IMF, dalam kesempatan kunjungan itu Menko Luhut untuk menemui Utusan Khusus Presiden AS untuk iklim John Kerry, Presiden World Bank, David Malpass, dan Penasehat Keamanan Nasional AS Jake Sullivan.


Disamping itu Menko Luhut juga bertemu dengan pimpinan sejumlah perusahaan AS seperti Apple, Tesla, Starlink, dan Chevron.


Dalam pertemuan dengan John Kerry, Luhut menekankan soal percepatan transisi menuju energi baru dan terbarukan. Termasuk dari sisi pendanaan dan teknologi.


“Untuk target conditional saat ini 41% dapat diupayakan naik menjadi 50% dengan dukungan dari AS,” kata Luhut. 


Strategi Indonesia mencapai target pengurangan emisinya dan dukungan internasional juga dibahas dalam pertemuan Menko Luhut dengan Presiden World Bank David Malpass disamping mengenai vaksin, transisi energi, dan konservasi.


Sementara itu, Perbincangan Menko Luhut bersama Penasehat Keamanan Nasional (NSA) Jack Sullivan secara khusus membahas mengenai upaya peningkatan kerjasama mengatasi krisis iklim, keamanan kesehatan global, kehadiran investasi AS pada sektor strategis di Indonesia, komunikasi strategis antara Pemerintah AS dan Indonesia, serta dinamika politik dan keamanan maritim di kawasan Asia dan Asia Tenggara.


Beberapa perusahaan AS yang menemui Menko Luhut menyampaikan apresiasi mereka terhadap berbagai reformasi yang diambil oleh Pemerintah Indonesia untuk meningkatkan iklim berinvestasi dan berusaha di Indonesia. 


Salah satunya perusahaan teknologi multinasional Apple yang juga menyampaikan komitmen rencana pembukaan Apple Developer Academy di berbagai daerah di Indonesia, perluasan dari yang saat ini sudah ada di Batam dan BSD. Sementara dengan pihak Tesla dan Starlink dibahas mengenai kelanjutan rencana investasi di Indonesia.