Powered by Blogger.

Mobile Menu

Terbaru

logoblog

Survei CISA: Publik Tak Puas Terhadap Kinerja Pemerintah

Sep 4, 2021

Centre for Indonesia Strategic Actions (CISA) menggelar survei tentang persepsi publik terhadap kinerja pemerintah selama pandemi, hasilnya mayoritas masyarakat menunjukkan ketidakpuasan terhadap pasangan Jokowi-Ma'ruf.

Presiden Joko Widodo

JAKARTA - Meluncurkan hasil Surveinya yang bertajuk Pandemi: Persepsi Publik dan Tren Politik Terkini. Hasil survei tersebut merupakan review termin ketiga survei berkala yang telah dilaksanakan pada bulan Mei 2021 sebelumnya.


Survey yang dimulai sejak tanggal 27 hingga 31 Agustus 2021 melibatkan 1.200 responden di 34 Provinsi secera prporsional. Dengan cara melalui penarikan sampel, dan penggunaan metode Simple Random Sampling.

Hasilnya adalah, mayoritas masyarakat terungkap ketidakpuasan terhadap kinerja pemerintah Jomowi dan Ma'ruf Amin selama Pandemi Covid-19. Karena terdapat 47,17 persen responden yang menyatakan ketidakpuasannya terhadap Jokowi, 38,58 persen yang Cukup Puas, 7,17 persen yang menyatakan Sangat Tidak Puas, hanya 3,91 persen yang Sangat Puas serta 3,17 persen responden yang tidak tahu atau tidak menjawab.

“Masyarakat menilai, kinerja Jokowi dan Ma’aruf Amin belum optimal selama pandemi Covid-19 terutama pada kuartal III ini,” ucap Herry Mendrofa, Direktur Eksekutif CISA melalui siaran persnya pada Jumat 3 September 2021.

Lanjut Herry, penyebab utamanya adalah, preferensi kebijakan dan program yang diambil oleh pemerintah seperti PPKM yang terus diperpanjang pada saat pandemi, menjadi salah satu faktor ketidakpuasaan masyarakat terhadap kinerja pemerintah.