Powered by Blogger.

Mobile Menu

Terbaru

logoblog

Kue Tart Ulang Tahun Google Ke-23: Lahir Tanggal 4 Dirayakan Tanggal 27

Sep 27, 2021

Bulan September yang kerap dipelesetkan menjadi Sadtember, atau bulan kesedihan tidak berlaku bagi google. Ini adalah bulan mereka lahir dan menjadi raksasa mesin pencari di dunia.

Kue tart ulang tahun google ke-23. FOTO: GOOGLE


Hari ini, ada tampilan yang berbeda di google doodle. Mereka memasang gambar kue tart dua tingkat dengan lilin yang menyala di puncaknya. 


Lilin itu pula yang berperan menjadi huruf L, untuk kata google. Sementara  dua huruf O dibikin mirip donat dengan lelehan cokelat dan meses warna-warni di atasnya.


Sementara di atas lelehan cokelat kue tart itu, dibubuhkan angka 23. Usia mesin pencari raksasa ini.


Jika menengok sejarahnya, mesin pencari di internet ini didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin pada 4 September 1998. Tapi, mereka merayakan ulang tahun di tanggal-tanggal berbeda. Pernah dirayakan pada 7, September, 8 September, hingga 26 September.


Misinya adalah mengumpulkan informasi dunia dan membuatnya dapat diakses dan bermanfaat oleh semua orang. Tapi kini produk google tidak lagi sebatas mesin pencari, tapi juga surat elektronik yakni email yang diberi nama gmail, lalu periklanan online yakni Google Adwords dan Google Adsense.


Google juga merilis produk peta yang diberi nama Google Maps dan Google Earth hingga layanan Google untuk melihat dan mencari buku: Google Book. Produk lain; Google Drive, Google Analytic, Google Docs hingga browser Google Chrome.


Produk internet lain yang kini juga berada di bawah bendera google adalah YouTube, Blogger hingga Google Play yang sebelumnya juga disebut Play Store, sebuah toko aplikasi resmi untuk sistem operasi android.


23 tahun lalu, dua pendiri jenius membangun google dari kamar asrama atau kos mereka. Dari servernya di lemari yang terbuat dari balok mainan, hingga kini punya 20 pusat data di seluruh dunia setelah punya miliaran pengguna.


Sebuah perjalanan bisnis yang menakjubkan dan banyak memberi manfaat bagi umat manusia.


Selamat Ulang Tahun Google!