Powered by Blogger.

Mobile Menu

Terbaru

logoblog

Kedutaan Saudi Bantah 2 Anggota DPR Ini Soal Kuota Haji

Jun 4, 2021

Surat berkop Kedutaan Saudi Arabia yang ditujukan kepada Ketua DPR Puan Maharani beredar di kalangan anggota DPR dan awak media. Isinya, membantah pernyataan 2 anggota DPR soal kuota haji.


Duta Besar Arab Saudi Essam Bin Ahmed Abid Althaqafi.. Foto: TWITTER

JAKARTA- Surat bertanggal 3 Juni 2021 itu diteken langsung oleh Duta Besar Pelayan Dua Kota Suci Untuk Republik Indonesia Essam Bin Ahmed Abid Althaqafi.

Di paragraf pertama, Essam langsung menyebut 2 nama anggota DPR yang pernyataannya soal kuota haji di sejumlah pemberitaan media tidak tepat. Alias asal bunyi atau asbun.

Pertama, pernyataan Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad yang menyebutkan bahwa dirinya telah memperoleh informasi bahwa Indonesia tidak memperoleh kuota haji tahun ini.

Kedua, pernyataan Wakil Ketua Komisi VIII Ace Hasan Syadzily yang mengatakan ada 11 negara yang telah memperoleh kuota haji dari Kerajaan Arab Saudi tahun ini. Sementara Indonesia tidak termasuk di dalamnya.

"Saya ingin memberitahukan kepada Yang Mulia bahwa berita-berita tersebut tidaklah benar," tulis Essam dalam surat tersebut.

Ia menegaskan pernyataan 2 anggota DPR itu tidak dikeluarkan oleh otoritas resmi Kerajaan Arab Saudi. Di samping itu, otoritas yang berkompeten di Kerajaan Arab Saudi belum mengeluarkan instruksi apapun terkait pelaksanaan haji tahun ini. Baik untuk jamaah haji Indonesia maupun seluruh dunia.

"Saya berharap agar kiranya dapat melakukan komunikasi terlebih dahulu dengan pihak Kedutaan, atau otoritas resmi lainnya. Baik di Kerajaan Arab Saudi maupun di Indonesia," tambahnya.