Powered by Blogger.

Mobile Menu

Terbaru

logoblog

Relawan Jokowi 'Ring Tujuh' Yang Keburu Dukung Capres 2024

Jun 14, 2021

Pakar komunikasi politik Lely Arrianie meyakini Presiden Jokowi belum memberikan komando apapun terkait suksesornya di pemilihan presiden (Pilpres) 2024. Bacaannya, relawan Jokowi yang kebelet jagoin Capres tertentu itu bukan relawan ring satu. Palingan, relawan ring tujuh.


Presiden Jokowi bersama istri ketika swafoto dengan para pendukungnya. FOTO: TWITTER

    JAKARTA- Menurut Lely, mantan Wali Kota Solo itu, merasa tidak nyaman jika ada relawan Jokowi yang sudah menggalang dukungan untuk kandidat tertentu. Ia mencontohkan, mulai gencarnya relawan-relawan Jokowi membentuk relawan Ganjar Pranowo. 

    "Salah satunya dipicu oleh adanya relawan Jokowi yang akan mendukung Ganjar. Apalagi ada embel-embel relawan Jokowi," kata Lely lewat sambungan telepon, Minggu malam (13/6).

    Mantan Staf Ahli Ketua MPR Taufiq Kiemas ini yakin para relawan Jokowi yang sudah menjatuhkan dukungan ke calon tertentu itu, bergerak di luar dari komando Jokowi. "Saya yakin belum ada arahan itu," ucapnya.

    Menurutnya, gerakan itu berpotensi mengganggu relasi politik Jokowi dengan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri. Sebab, publik menyangka gerakan mendukung Ganjar itu atas restunya. Karena itu, Jokowi dinilai tidak nyaman dan meminta relawan yang mengatasnamakan dirinya itu tidak grusa-grusu.

    "Yang namanya relawan kan orang pikir ada komunikasi langsung dengan Jokowi. Padahal belum tentu," tuturnya.

    "Bisa jadi mereka itu relawan ring tujuh," tandas lulusan doktoral terbaik Universitas Padjadjaran, Bandung ini.

    Seperti diketahui, ketika membuka Rapimnas Seknas Jokowi, Sabtu lalu (14/6) Jokowi meminta relawannya sabar dan tidak grusa-grusu. Menurutnya, masih ada waktu yang cukup untuk membaca konstelasi dan peta politik 2024.

    "Nanti pada saatnya saya akan berbicara, saya akan menyampaikan ke mana kapal besar relawan Jokowi ini akan kemudinya kita arahkan," tegasnya. (MA)