Powered by Blogger.

Mobile Menu

Terbaru

logoblog

Komnas HAM Periksa Dinas Psikologi TNI AD 5 Jam Lebih, Besok KPK

Jun 16, 2021

Dinas Psikologi TNI Angkatan Darat (AD) diperiksa oleh Komnas HAM, tindak lanjut dari laporan Novel Baswedan cs terkait polemik tes wawasan kebangsaan (TWK) pegawai KPK.


Komisioner Komnas HAM Choirul Anam. FOTO: IST

JAKARTA - Pemeriksaan dilakukan hari ini, Rabu (16/6). Sejak pukul 10 sampai pukul 15.30 WIB. Atau selama 5 jam lebih pada Rabu (16/6) lalu.

Selain Dinas Psikologi TNI AD, sejumlah instansi terkait lainnya juga diperiksa. "Komnas HAM RI telah melakukan permintaan keterangan terhadap Dinas Psikologi TNI Angkatan Darat dan instansi terkait lainnya pada hari ini," kata Komisioner Komnas HAM, Choirul Anam, dalam siaran pers, Rabu (16/6).

Komisioner Pemantauan dan Penyelidikan Komnas HAM itu mengaku mendapat berbagai penjelasan terkait instrumen assesment, pelaksanaan assesment, dan mekanisme penilaian.

"Komnas HAM RI menyampaikan terima kasih atas kerjasama yang baik kepada Kepala Staf TNI Angkatan Darat, Dinas Psikologi TNI Angkatan Darat serta instansi terkait lainnya," sambungnya.

Ia berharap instansi terkait lain juga kooperatif jika dipanggil Komnas HAM. "Demi semakin terangnya peristiwa," harap Choirul Anam.

Sebelumnya, KPK sempat mangkir dipanggil Komnas HAM pada Selasa (8/6) lalu. KPK menyurati Komnas HAM mempertanyakan pelanggaran HAM apa yang dianggap telah dilanggar oleh para Pimpinan KPK.

Namun, pada Senin (14/6) sore Komnas HAM mendapat kabar bahwa pimpinan KPK berjanji akan datang ke Komnas HAM besok, Kamis, 17 Juni 2021.

"Pimpinan KPK mengirimkan surat kepada Komnas HAM atas panggilan kedua dan balasan surat kami," ucap Choirul Anam.

"Sudah ada komitmen yang baik dari Pimpinan KPK akan datang dalam proses pemeriksaan Komnas HAM pada hari Kamis, jadi Kamis besok," pungkasnya. (**)