Jokowi Sidak PPKM Mikro, Lurah Jamin Makan Isoman

Secara dadakan, Presiden Jokowi bertandang ke RW 01 Kelurahan Rawa Sari, Cempaka Putih Jakarta Pusat, Jumat (25/6). Presiden Jokowi kepingin memastikan pelaksanaan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) berjalan baik.


Presiden Jokowi saat berbincang dengan pedagang kelontong di RW 01 Rawa Sari, Cempaka Putih Jakarta Pusat, Jumat (25/5). FOTO: SETPRES

JAKARTA - Kepala Negara tampak didampingi Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Kedatangan Jokowi disambut langsung oleh Lurah Rawasari, Muhammad Arief Biki, dan Ketua RW 01. Ia menyusuri jalan dan gang yang sepi di lokasi tersebut.

Dari jalan Jokowi menyapa masyarakat yang beraktifitas di dalam rumah. Berbincang sejenak dengan tukang loundry hingga pedagang kelontong.

“Saya memang dadakan ke sini untuk memastikan PPKM mikro itu berjalan atau tidak berjalan. Tadi disampaikan oleh Bu RW dengan yakin berjalan, ya berjalan,” kata Presiden di lokasi seusai peninjauan.

Ia berharap pelaksanaan PPKM mikro ini bisa berjalan efektif. Tak cuma di tempat yang ditinjau, tapi di semua wilayah terkecil di seluruh Indonesia.

Untuk itu, Presiden meminta agar para kepala daerah dibantu unsur TNI dan Polri di daerah turut membantu pelaksanaan PPKM mikro di wilayah terkecil. Jangan sampai kebijakan yang sudah ditetapkan tidak berjalan atau sia-sia.

“Karena yang diperlukan sekarang ini adalah tindakan lapangan, pengawasan lapangan, kontrol lapangan, berjalan atau tidak berjalan,” sambung Jokowo.

Kepada Jokowi, Lurah Rawasari melaporkan bahwa PPKM mikro di wilayahnya telah berjalan dengan efektif.

Pengetatan implementasi PPKM mikro di wilayah Kelurahan Rawasari antara lain dilakukan dengan memberlakukan one gate system terkait akses keluar masuk wilayah tersebut.

Pihaknya juga memberikan dukungan bagi warga setempat yang melakukan isolasi mandiri (isoman). “Kebutuhan pokoknya kami penuhi Pak, berupa makannya. Kami juga dari Pemprov DKI di sini memberikan support berupa bahan pangan yang kami peroleh dari Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta,” lapornya.

Jokowi tampak senang mendapat laporan pak lurah dan Bu RW. Ia berharap kesigapan serupa juga terjadi di tempat lain.

“Saya senang datang mendadak seperti ini, juga saya lihat Bu RW kelihatan cara menjawabnya kelihatan siap. Pak Lurah juga saya lihat," pungkasnya. (DE)