Cobain LRT Jabodebek, Jokowi: Halus & Nyaman Sekali

Ditargetkan, proyek LRT ini bisa selesai pada tahun depan, yakni 2022. Uji coba, bulan April. Operasional bulan Juni.

Pagi-pagi, Presiden Jokowi sudah tiba di Stasiun LRT TMII, Jakarta Timur. Ia kepingin rasain kereta ringan atau light rail transit (LRT) yang rencananya mulai beroperasi tahun depan, 2022.


Presiden Jokowi ketika menjajal LRT, Rabu (9/9). FOTO: SETPRES

JAKARTA - Jokowi tiba di stasiun LRT TMII sekitar pukul 8 pagi lewat 15 menit. Ia langsung meninjau perkembangan proyek, didampingi Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, Zulfikri.

Dalam kesempatan itu, Kepala Negara beserta rombongan terbatas juga sempat menjajal jalur lintas pelayanan 1 LRT yang membentang dari Stasiun TMII (Jakarta Timur) hingga Stasiun Harjamukti (Cibubur).

“Tadi kita mencoba keretanya. Halus, nyaman, kecepatannya baik, dapat dikatakan tanpa suara. Nyaman sekali,” ungkap Jokowi, Rabu (9/6.

Yang dijajal Jokowi ini adalah LRT Jabodebek, yakni Jakarta, Bogor. Depok dan Bekasi. Nantinya LRT ini akan terintegrasi dengan moda angkutan transportasi umum lainnya seperti trans-Jakarta, commuter line, MRT, hingga yang terbaru kereta cepat Jakarta-Bandung.

Integrasi antarmoda transportasi itu diharapkan dapat mengefisiensikan waktu mobilitas orang dari satu tempat ke tempat lainnya.

“Kenapa LRT ini kita bangun? Kita ingin membangun transportasi massal yang terintegrasi MRT, LRT, kereta bandara, bus trans-Jakarta, semua terintegrasi sehingga terjadi efisiensi mobilitas orang dari satu titik ke titik yang lain,” ucap Presiden.

Ditargetkan, proyek LRT ini bisa selesai pada tahun depan, yakni 2022. Sehingga di tahun itu, uji coba bisa dilakukan pada bulan April. Dan operasional bisa dimulai bulan Juni. “Sudah selesai kurang lebih 84,7 persen," tutur RI 1 itu.

Pembangunan LRT Jabodebek dilakukan dalam dua fase. Saat ini pemerintah tengah merampungkan fase pertama sepanjang 44,43 kilometer. Fase pertama ini akan melayani total 18 titik pemberhentian. Terdiri atas tiga lintas pelayanan, yakni Cawang-Cibubur, Cawang-Dukuh Atas, dan Cawang-Bekasi Timur.

LRT juga akan beroperasi di dua rute perjalanan, yakni Cibubur Line dari Stasiun Harjamukti ke Dukuh Atas dan Bekasi Line dari Stasiun Jatimulya ke Dukuh Atas. (*)