Diberdayakan oleh Blogger.

Mobile Menu

Terbaru

logoblog

Rokhmin: Topografi Aceh Selatan Potensial Untuk Dikembangkan

13 Nov 2020

Tim dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) meninjau sejumlah lokasi potensial pengembangan perikanan tangkap, ikan air tawar dan budidaya udang vaname di Kabupaten Aceh Selatan.


  • Koordinator Tim Penasehat Menteri Kelautan dan Perikanan Rokhmin Dahuri didampingi Bupati Aceh Selatan Tgk Amran saat melakukan meninjau sejumlah lokasi yang potensial dikembangkan di Aceh Selatan, Kamis (12/11). Foto: IST

TAPAK TUAN- Koordinator Tim Penasehat Menteri Kelautan dan Perikanan Rokhmin Dahuri mengatakan letak tofografi Aceh Selatan yang terdiri dari bentangan lautan dan daratan yang luas dinilai sangat strategis untuk dikembangkan, khususnya di sektor perikanan.

Apalagi, lanjut Rokhmin, daerah ini telah memiliki sarana dan prasarana kelautan dan perikanan yang memadai. Serta didukung dengan panorama alam yang indah.

"Tinggal kita tingkatkan dan kita kembangkan lagi," kata Rokhmin di sela-sela kunjungan kerjanya di Aceh Selatan, Kamis(12/11).

Ketua DPP PDI Perjuangan itu menambahkan, kunjungan itu dilakukan untuk meninjau secara langsung seluruh usulan program yang diajukan Pemkab Aceh Selatan. Hasilnya akan segera dilaporkan kepada Menteri Edhy untuk ditindaklanjuti.

Selain Rokhmin, ikut juga dalam rombongan tersebut Dirjen Perikanan Budidaya, Dirjen Penguatan Daya Saing Kelautan dan Perikanan serta Dirjen Pengelolaan Ruang Laut.

Lokasi pertama yang ditinjau adalah PPI Keude Bakongan. Di sini rombongan berdialog dengan perwakilan nelayan setempat.

PPI Kluet Raya di Kuala Tuha, lokasi Kolam Ikan Air Tawar di Indra Damai dan lokasi rencana pengembangan tambak udang vaname di Pasie Asahan, Kecamatan Pasie Raja juga didatangi rombongan KKP.

Termasuk meninjau lokasi perpanjangan run way (landasan pacu) dan perluasan terminal Bandara T. Cut Ali Pasie Raja.

Lalu tim dari KKP ini dijamu makan siang di PPI Lhok Reukam, Kecamatan Tapaktuan. Gampong (desa) wisata yang terkenal dengan keindahan alamnya yang eksotis.

Usai menikmati segala jenis makanan laut, khas daerah setempat, Bupati Aceh Selatan kembali membawa rombongan secara marathon ke PPI Sawang Bak`u, Kecamatan Sawang, dan PPI Keude Meukek di Gampong Pasie Meukek, Kecamatan Meukek dan PPI Labuhanhaji.

Menutup kunjungan kerja, Rokhmin bertandang ke Pesantren Darussalam Al-Waliyah di Gampong Blang Poroh, Kecamatan Labuhanhaji Barat. Salah satu pondok pesantren tertua di Aceh. Yang didirikan oleh Almarhum Syech H. Muda Waly Al-Qalidy.

Ulama kharismatik Aceh itu punya hubungan historis dengan Presiden Soekarno.

Kunjungan ini merupakan tindaklanjut dari pertemuan Bupati Aceh Selatan Tgk Amran dengan Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo pada 26 Februari 2020 lalu.

Dalam pertemuan itu, membahas pengembangan potensi pengelolaan perikanan dan kelautan di Aceh Selatan yang membutuhkan perhatian khusus dari Pemerintah Pusat.