Teken Plakat di Pabrik Mobil Listrik, Menko Luhut: Membanggakan

Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengunjungi Pabrik Mobil Listrik Hyundai di Sukamukti Bekasi Jumat (6/11). Kehadiran pabrik mobil listrik itu, diharapkan dapat mewarnai industri otomotif Indonesia yang semakin ramah lingkungan.


Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan saat mengunjungi Pabrik Mobil Listrik Hyundai di Sukamukti Bekasi Jumat (6/11). Foto: IST

BEKASI - Pabrik tersebut merupakan salah satu bentuk implementasi komitmen investasi Hyundai untuk mengembangkan mobil listrik yang telah ditandatangani di Korea Selatan pada tanggal 26 November 2019 lalu.

Di sela-sela kunjungannya, Menko Luhut, mengapresiasi proyek Hyundai yang mampu beroperasi serta cermat dan menjaga protokol operasional pabrik. Meskipun di tengah situasi yang menantang seperti saat ini.

Pemerintah, lanjutnya menargetkan percepatan pertumbuhan industri mobil listrik atau EV (Electric Vehicle). Dan Hyundai diharapkan dapat menjadi bagian dari misi penting ini. Sehingga kerjasama antara pemerintah Indonesia dan Korea dalam mengawal pengembangan pabrik ini hingga siap berproduksi, sangat dibutuhkan.

"Kami juga berharap Indonesia menjadi salah satu pasar EV utama di ASEAN untuk kedepannya,” kata Menko Luhut, Jumat (6/11).

Jenderal purnawirawan itu menambahkan, komitmen investasi Hyundai tersebut sejalan dengan tekad pemerintah Indonesia untuk terus mengembangkan teknologi transportasi yang ramah lingkungan. Di plakat pabrik yang ditekennya, Luhut membubuhkan kalimat khusus.

“Membanggakan, membawa Indonesia menjadi negara yang makin ramah terhadap lingkungan,” tulis Menko Luhut di plakat yang ditandatanganinya bersama Dubes Korea Park Tae-Sung sesaat sebelum berkeliling pabrik.

Lebih jauh, Menko Luhut menuturkan bahwa pabrik Hyundai di Indonesia tidak hanya akan menarik pasar domestik Indonesia. Namun juga pasar kendaraan listrik di Asia Tenggara, Afrika, Timur Tengah dan negara-negara lain yang memiliki perjanjian perdagangan bebas serta kesepakatan perdagangan dengan Indonesia.

Dalam kunjungan tersebut Menko Luhut didampingi oleh Dubes Korea Park Tae-Sung, Presiden Divisi Perencanaan Strategis Hyundai Motor Hyundai Motor Group Young Woon Kong, Presiden Hyundai Motor untuk Kawasan Asia Pasifik Lee Youngtack, Presiden Direktur PT Hyundai Manufacturing serta beberapa pejabat dari Kemenko Marves.