Powered by Blogger.

Mobile Menu

Terbaru

logoblog

Ketika Sandiaga Uno Jadi Host di UM Bandung

12 June 2020
"Wah saya dijadikan host! Kalo saya dijadikan host, saya bisa macem-macem ini. Saya bisa akrobat ini," ujar Sandiaga Salahuddin Uno.

  • Sandiaga Uno. Foto: Tangkapan layar video conference

BANDUNG - Sandi Uno, begitu nama panggilan akrabnya, menyempatkan diri untuk berjumpa dengan civitas akademika UM Bandung, warga Muhammadiyah dan masyarakat umum secara daring. Kali ini, Sandi Uno hadir menjadi narasumber acara tersebut dengan posisinya yang menjadi bagian keluarga kampus Muhammadiyah di ibu kota Jawa Barat. PP Muhammadiyah akhirnya menetapkan Sandi Uno menjadi Wakil Ketua Badan Pembina Harian (BPH) UM Bandung.

Salah satu kontestan di Pemilihan Presiden 2019 ini memberikan gagasan-gagasan segarnya terkait ekonomi dalam kondisi wabah Covid19. Sekitar 30 menit, Sandi Uno memaparkan materinya di ruang maya Zoom itu. Sebelum giliran Sandi Uno, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Tokoh Bangsa Prof. Din Syamsuddin telah menyapa dan menyampaikan materi kepada peserta acara yang juga berkonsep Webinar.

Namun, sebelum jadwal Sandi Uno memberikan paparannya, sinyal di laptop host zoom silaturahim ini ternyata mengalami gangguan. Dan hal itu pun berdampak pada mekanisme teknis acara, sehingga moderator sempat mengalami kesulitan untuk mengarahkan acara.

Namun, moderator yang juga Wakil Rektor UM Bandung, Dr. Hendar Riyadi akhirnya berimprovisasi untuk mengenalkan program-program studi UM Bandung kepada peserta untuk mengisi waktu sesaat adanya kendala teknis acara. Walau begitu, acara pun terus berjalan, hingga akhirnya moderator memberikan kesempatan kepada Sandi Uno.

Hanya saja, host kesulitan untuk membuat mode Spotlight agar tampilan Sandi Uno terlihat jelas oleh peserta ketika menyampaikan materinya. Bukan Sandi Uno namanya jika tidak kreatif. Sekalipun ada kendala teknis, Sandi Uno mampu mengisi acara dengan menarik dan lebih hidup. Sandi Uno akhirnya juga bisa mempresentasikan slide yang telah disiapkannya.

Dan tanpa diduga oleh Sandi Uno, setelah ia selesai menyampaikan materi pertamanya, operator host utama ternyata menjadikan Sandi Uno host sekaligus narasumber untuk sementara ketika ada kendala teknis dan akan masuk sesi dialog. Ia pun terkejut dan disambut meriah oleh peserta.

Hal yang mungkin tidak biasa dalam webinar. Di sinilah akrobat Sandi Uno muncul. Ia dengan bebasnya menjalani teknis dan mengarahkan acara sambil sesekali menyapa peserta dari berbagai daerah di Indonesia. Sandi Uno membacakan dan menjawab satu per satu pertanyaan yang ditulis di kolom pesan zoom. Tak luput, banyak peserta yang juga ingin mengundangnya ke daerahnya masing-masing. Dikatakannya, ia siap jika diundang untuk hadir ke tempat para peserta.

Di acara ini, Sandi Uno pun menyebut dirinya diminta hadir oleh Rektor UM Bandung, Prof. Suyatno sekaligus menghibur peserta. Karena itu, sambil bercanda, menurutnya, UM Bandung tidak perlu mengundang komika stand up comedy. Cukup dirinya yang menghibur. Karena itu, ia terlihat riang seperti biasa ketika membacakan satu per satu pertanyaan di pesan tulis di ruang zoom itu. Seperti juga tangannya yang ia lambai-lambai di depan kamera layar dan terlihat oleh peserta.

Sedikit sambil bergurau, sebelumnya juga Sandi Uno mengatakan jika moderator dan host webinar ini, Taufik Maulana untuk belajar kepadanya. Sandi Uno memang sudah makin terbiasa menggunakan aplikasi zoom ini di berbagai acara. Host pun akhirnya memberitahukan jika sinyal di laptopnya sedang tidak stabil.

"Berarti Universitas Muhamamdiyah Bandung perlu diinvest nih, supaya bandwith-nya nambah gede. Jangan rendah! Karena kita kan jadi universitas paling besar di Bandung, amin," kata Sandi Uno sambil bergurau kepada Rektor UM Bandung, Prof. Suyatno yang juga mengiyakan.

Menurut Sandi Uno, di saat pandemi Covid19, sektor usaha media dan telko mengalami permintaan yang tinggi. "Kenapa Pak Taufik Maulana (host) ini struggling, karena kekurangan media dan telko. Ini luar biasa permintaannya. Sehingga berat bebannya, bandwithnya loh. Makanya ini adalah salah satu sektor yang berkembang," ujar dia menjelaskan.

"Nah sekarang host saya mau balikin lagi. Jadi ke siapa nih? Siapa yang mau jadi host?" kata Sandi Uno dan saat itu pun host utama dapat aktif kembali, sekaligus mengoperasikan acara.

Dalam kesempatannya, Sandi Uno mendorong peserta agar optimis menjalani kehidupan sekalipun dalam ketidakpastian. Ia menyempatkan untuk menulis di kolom pesan zoom saat acara berlangsung.

“Bangkit di saat sulit, menang melawan covid, you can do it!" tulis Sandi Uno kepada peserta.

Tak hanya itu, ia juga berharap, Universitas Muhammadiyah Bandung perlu melakukan adaptasi di saat pandemi. Karena, sektor pendidikan, menurutnya menjadi sektor yang sangat terkena dampak wabah.

"UM Bandung harus di depan nih. Saya kan dipindahin dari UMJ, sekarang ke UMB. Kita harus terdepan!" kata tokoh nasional yang aktif di media sosial dan juga gandrung disebut Papah Online oleh milenial.