Jambore Nasional XI 2022 Dibuka oleh Buwas, Belasan Ribu Peserta Diswab Antigen Saat Datang dan Pulang

Awalnya, upacara ini rencananya dibuka oleh Presiden Jokowi. Tapi batal.
Upacara Jambore Nasional XI 2022 dibuka oleh Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Budi Waseso (Buwas) di Lapangan Utama Buperta Cibubur, Minggu, (14/8/2022). Di acara yang dihadiri belasan ribu peserta ini di-swab antigen ketika datang dan pulang.

Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Budi Waseso (Buwas) saat membuka Upacara Jambore Nasional XI 2022 di Lapangan Utama Buperta Cibubur, Minggu, (14/8/2022). Foto: Twitter/@kawarnaspramuka.

CIBUBUR - Budi Waseso dalam sambutan pembukaan Jambore Nasional yang bertepatan Hari Pramuka ke-61 tahun 2022 menjelaskan Gerakan Pramuka memiliki peran penting dalam mendukung pembangunan bangsa.

Pramuka yang merupakan kumpulan kaum muda merupakan estafet dan generasi penerus pembangunan bangsa.

Budi Waseso menjelaskan kegiatan Jambore Nasional XI tahun 2022 mengikuti protokol kesehatan. Dimana seluruh peserta yang terlibat diwajibkan vaksin kedua dan diswab pada saat tiba maupun hendak kembali ke daerah-daerah masing-masing.

"Seluruh peserta sudah dilaksanakan dua kali termasuk panitia, dan di swab saat datang dan pulang. Ini wujud untuk mendukung pencegahan Covid 2019," ujar Budi Waseso seperti dilansir Infopublik.com, Minggu, 14 Februari 2022.

Menurutnya, pandemi Covid 2019, Pramuka menjadi pelopor pencegahan Covid 2019 seperti ikut membantu membagi master, obat-obatan dan membantu pelaksanaan Vaksinasi Covid 2019.

Peringatan Hari Pramuka ke-61 kali ini mengangkat tema "Mengabdi Tanpa Batas untuk Membangun Ketangguhan Bangsa". Pelaksanaan upacara Hari Pramuka tahun ini bersamaan dengan pembukaan Jambore Nasional ke-11.

Kegiatan lima tahunan ini diikuti 11.506 pramuka penggalang dari kwartir cabang seluruh Indonesia serta gudep yang berpangkalan di KBRI. Turut hadir pula utusan organisasi pramuka di kawasan Asia Pasifik.