HP Tiba-Tiba Tak Bisa Di-charger, Ini Penyebab dan Solusinya

Cara mengatasi masalah yang terjadi saat ngecas HP
Zaman sekarang, Handphone (HP) sudah menjadi salah satu kebutuhan primer bagi setiap orang. Hampir semua rutinitas menggunakan Hp, orang yang tidak memilikinya akan terus ketinggalan informasi terupdate. Sehingga, HP dituntut harus terus menerus menyala alias “on” setiap saat.


Ilustrasi. Foto: Freepik.com

JAKARTA - Terkadang tanpa disadari, HP yang akan kita gunakan tiba-tiba mati karena kehabisan baterai. Dan ketika kita charge malah tidak tersambung. Padahal saat itu kita sedang menerima panggilan telepon dari atasan di kantor. Tentu hal ini akan membuat kita kelabakan.

Apabila anda mengalami hal tersebut, maka tidak perlu khawatir, karena TIMES.ID akan memberikan beberapa tips terkait penyebab beserta cara mengatasinya.

Penyebab HP tidak bisa di-charge

Pada umumnya, ada dua penyebab baterai HP tidak bisa di-charge, yaitu:

1. Hardware

- Komponen pendukungnya mengalami kerusakan, misalnya kabel, charger, sockets atau adaptor

- Terjadi kerusakan pada port charger yang ada di HP

2. Software

- Terjadi error pada software. Hp memerlukan software untuk mendeteksi saat charger terpasang. Ketika software mengalami kegagalan deteksi, maka akan menyebabkan proses pengisian ikut gagal.

- Adanya aplikasi boros baterai yang terinstal sehingga akan menguras daya bahkan bisa menggangu proses pengisian baterai.

- Proses update OS yang tidak sempurna

Solusi mengatasi HP yang tidak bisa di-charge

Apabila kita sudah mengetahui apa yang menjadi penyebabnya, maka kita dapat melakukan beberapa langkah berikut ini;

1. Restart HP

Mematikan HP bertujuan agar semua sistem yg error bisa kembali normal. Biasanya mematikan dan menyalakan kembali smartphone adalah cara termudah dan sering kali berhasil. Namun jika cara ini belum menyelesaikan masalah, segera lakukan tips selanjutnya.

2. Periksa kKabel USB dan Power Adapter

Adakalanya masalah seperti ini tidak melulu pada perangkat. Bisa juga timbul dari charger yang kita miliki. Misalnya, kabel USB yang error karena sering dilipat. Bila hal itu terjadi, sebaiknya segera diganti dengan kabel USB bawaan yang asli, hal ini dilakukan untuk menghindari resiko berulang karena memakai kabel USB sembarangan.

Selain kabel USB, kita juga perlu memeriksa power adapter. Terkadang pemakaian yang salah menyebabkan arus berkurang sehingga pengisian daya smartphone tidak terisi penuh

3. Periksa Port USB

Pengguna smartphone yang punya mobilitas padat seringkali mencabut kabel charger yang sedang terhubung dengan cara kasar. Hal tersebut bisa menyebabkan port USB error. Untuk memperbaikinya, tentu harus dibawa ke tempat service resmi agar bisa diperiksa lebih lengkap.

4. Bersihkan Charging Port Secara Rutin

Membersihkan charging port dari kotoran yang menempel merupakan tips selanjutnya. Karena kotoran bisa menjadi penyebab colokan tidak terpasang dengan baik, sehingga berakibat baterai HP tidak bisa terisi.

5. Update OS

Smartphone dengan sistem operasi lama harus di update, karena akan mempengaruhi performa pengisian daya. Karena itu, pastikan OS HP anda sudah yang paling terbaru.

6. Periksa Kondisi Baterai

Apabila semua hal yang disebutkan diatas berjalan normal, maka bisa saja kondisi baterai yang sudah rusak yang menjadi biang masalahnya. Segera ganti baterai yang rusak tersebut dengan petunjuk dan ketentuan dari pabrik.

7. Terdapat Bug pada Sistem Smartphone

Terakhir, bisa juga karena anda telah mengunduh software atau aplikasi tertentu tanpa sadar, sehingga menyebabkan terjadinya error atau bug pada HP yang digunakan. Jika hal ini terjadi, segera deteksi masalah tersebut dengan aplikasi khusus yang banyak tersedia di Play store.