Siapa Bilang Aceh Miskin? Untuk Dekorasi Muktamar IDI Saja Diguyur Rp 2 Miliar

Muktamar Ikatan Dokter Indonesia (IDI) yang akan dimulai besok (22/3) sampai tanggal 25 Maret 2022, di Banda Aceh dapat guyuran duit gede dari Pemerintah Aceh. Buat dekorasi acara saja, IDI dapat alokasi Rp 2 miliar dari APBA, singkatan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Aceh.

FOTO: Tangkapan layar video Humas & Protokol Setda Aceh


BANDA ACEH - Besaran alokasi dana untuk dekorasi Muktamar IDI itu diketahui dari situs Layanan Pengadaan Secara Elektronik atau LPSE Aceh, yakni lpse.acehprov.go.id.


Dalam situs tersebur, anggaran untuk dekorasi ini diberi nama paket: Belanja Jasa Penyelenggaraan Acara (Dekorasi dan Pergelaran MUKTAMAR IDI) dengan Kode Rencana Umum Pengadaan (RUP) 31795423. 


Baca Juga: IDI: Jangan Asal Bunyi Soal Dana Dekorasi Rp 2 M Untuk Muktamar IDI


Sumber dananya dari APBD tahun anggaran 2022, dengan Satuan Kerja Dinas Kesehatan Aceh. Tampak ada 35 peserta tender bersaing memperebutkan proyek dekorasi senilai Rp 2 miliar ini. Sudah ada pemenangnya, yakni PT Gidong Bumoe Sejahtera. Perusahaan ini berkantor di Aceh Besar.


Banyak pihak mengkritik alokasi anggaran sebesar itu untuk dekorasi acara Muktamar IDI. Khususnya di Facebook. 


Sebab, merujuk data BPS terbaru, angka kemiskinan di Aceh terus mengalami peningkatan. Data per Maret hingga September 2021 lalu, jumlah penduduk miskin di Aceh mencapai 850 ribu orang atau 15,53 persen. Naik dibandingkan tahun 2020, yakni sekitar 15,43 persen atau 833 ribu orang.


Peningkatan orang miskin ini menambah panjang daftr rekor Aceh sebagai provinsi termiskin di Pulau Sumatra. Aceh juga masuk dalam lima provinsi dengan penduduk miskin tertinggi di Indonesia.


****

Ikuti perkembangan berita lainnya, dengan cara klik akun Instagram TIMES, lalu pencet tombol follow. Bisa juga dengan follow akun Twitter TIMES dan subscribe akun YouTube TIMES.


****