Kepala Puskesmas Alue Sungai Pinang Akan Telusuri Jadwal Piket Siang

Kepala Puskesmas janji telusuri jadwal piket siang usai ditemukan hanya satu petugas baru hadir.
Kepala Puskesmas Alue Sungai Pinang, Kecamatan Jeumpa, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Emil Salim, memberikan penjelasan terkait kondisi pelayanan pada Jumat, 11 Juli 2025, sekitar pukul 14.30 WIB. Saat itu hanya tampak satu petugas yang baru datang di lokasi, padahal pada waktu tersebut masyarakat masih membutuhkan layanan kesehatan.

Kepala Puskesmas Alue Sungai Pinang, Kecamatan Jeumpa, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Emil Salim. Foto: Ist

ABDYA - Dari pantauan awak media pada pukul 14.30 WIB, hanya terlihat seorang petugas dari bagian Promosi Kesehatan (Promkes) yang baru hadir di Puskesmas. Situasi ini tentu memprihatinkan, karena tenaga kesehatan sangat dibutuhkan untuk melayani warga yang datang berobat maupun membutuhkan penanganan medis mendesak.

Upaya konfirmasi dilakukan pada pukul 14.41 WIB melalui pesan WhatsApp kepada Kepala Puskesmas, namun belum mendapat balasan. Baru pada pukul 16.52 WIB, Kepala Puskesmas Alue Sungai Pinang, Emil Salim, memberikan tanggapan. Ia mempertanyakan lebih lanjut terkait waktu kejadian agar dapat ditelusuri.

“Dihari apa? Apa pada hari ini? Agar saya telusuri,” pertanyaannya melalui pesan WhatsApp pada Jum'at 11/7/2025, pukul 16.52 WIB.

Kepala Puskesmas tersebut juga menegaskan akan segera menindaklanjuti persoalan jadwal piket siang yang belum berjalan dengan baik. Emil berjanji akan memeriksa langsung agar pelayanan kesehatan di Puskesmas tetap berjalan sebagaimana mestinya.

“Baik akan saya tindak lanjut,” katanya.

Dalam penjelasannya, Emil menyampaikan bahwa sebenarnya sudah ada pengaturan petugas yang standby pada jam siang supaya pelayanan kesehatan bagi masyarakat tetap maksimal.

“Karena biasanya ada dua orang stambay jam 12 sampe jam 14.00 WIB,” sebutnya.

Lebih lanjut, Kepala Puskesmas Alue Sungai Pinang ini mengucapkan terima kasih atas informasi yang telah diberikan kepadanya.

"Makasih infonya pak🙏🏻🙏🏻", ucapnya.

Ia juga menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang dirasakan masyarakat akibat pelayanan yang kurang optimal pada saat itu.

"Mohon maaf atas ketidaknyamanannya🙏🏻🙏🏻," tutupnya.