Panglima TNI Mutasi 109 Perwira Tinggi di 3 Matra

Kapuspen TNI dimutasi jadi Staf Khusus KSAD

Panglima TNI Jenderal Andhika Perkasa kembali melakukan mutasi pada TNI. Dilakukannya Mutasi tersebut sudah berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/818/VIII/2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia.

Jenderal Andhika Perkasa. Foto: Wikipedia.

TIMES.ID  - Berdasarkan Isi Dalam surat tersebut, total Anggota TNI yang dilakukan Mutasi adalah 109 perwira tinggi dari tiga Matra TNI, Angkatan Darat (AD), Angkatan Laut (AL), dan Angkatan Udara (AU) yang dimutasi dari jabatan sebelumnya. Surat tersebut ditandatangani oleh Kepala Setum TNI Brigjen Edy Rochmatullah beratas nama Panglima TNI pada tanggal 29 Agustus yang tlah lalu.

Diketahui, Anggota yang Paling Mencolok adalah Panglima Andika, yang melakukan mutasi pada posisi Pangkoarmada, Pangkogabwilhan II, Danlanud Halim Perdanakusuma hingga sampai pada Kapuspen TNI.

Laksdya TNI Abdul Rasyid Kacong yang sebelumnya telah menjabat Pangkoarmada RI, kini dirinya telah dimutasi menjadi pati Mabes AL dalam rangka akhir pensiun. 

Posisi Rasyid digantikan Oleh Laksdya Heru Kusmanto yang tah dimutasi dari jabatannya sebagai Asrenum Panglima TNI menjadi Pangkoarmada RI.

Nama Nama anggota TNI yang telah dimutasi berikutnya adalah sosok seorang Kapuspen TNI Mayjen TNI Prantara Santosa. Dirinya telah dimutasi dari jabatannya kini telah menjadi Staf Khusus KSAD.

Dan Sebagai gantinya, Laksma Kisdiyanto yang sebelumnya telah menjabat sebagai Anggota Wakapuspen TNI kini telah menjadi Kapuspen TNI yang terbaru. Sementara itu, atas nama Brigjen Rano Maxim Adolf Tilaar yang sebelumnya telah menjabat Danrem 052/Wkr, dipercaya oleh Panglima Andika untuk mengisi posisi sebagai Wakapuspen Anggota TNI.

Beberapa patu pati lainnya yang telah dimutasi yaitu Marsdya Imran Baidirus yang diketahui dari jabatannya sebagai Pangkogabwilhan II kini telah dimutasi menjadi pati Mabes AU dalam rangka akhir pensiun;Marsda Ir Tedi Rizalihadi yang telah mengisi posisi jabatan Pangkoopsud I kini telah dipercaya menjadi Kas Koopsudnas.

Selanjutnya Anggota TNI dengan Atas nama Marsma Bambang Gunarto yang sebelumnya tercatat telah menjabat sebagai Danlanud Halim Perdanakusuma kini telah dimutasi menjadi Pangkoopsud I. Sedangkan untuk Kolonel Penerbang Adrian P Damanik yang telah menjabat Kapuskodal Koopsudnas kini telah dipercaya mengisi posisi sebagai Danlanud Halim Perdanakusuma.

Dan yang terakhir Anggota TNI Atas Nama Mayjen TNI Eko Yatma Parnowo yang sebelumnya telah mengisi posisi Wadanpuspomad, kini telah dimutasi menjadi pati mabes TNI AD dalam rangka akhir pensiun.